TIM UKM ROBOTIK STIT AL-HIKMAH WAKILI WAY KANAN DALAM PAMERAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA TINGKAT NASIONAL

Tim (Unit Kegiatan Mahasiswa) UKM Robotik STIT Al-Hikmah wakili Kabupaten Way Kanan dalam pameran Teknologi Tepat Guna (TTG)  tingkat nasional di Propinsi Bengkulu pada tanggal 22-24 September 2019.

Tim Robotic Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hikmah Bumi Agung Way Kanan ini berhasil membuat inovasi berupa robot kotak sampah pintar. Salah satu keunggulanya yaitu desain yang ringan dan ukuran yang sedang sehingga mudah untuk dibawa dan dipindah ketempat yang lain.

Robot kotak sampah pintar ini diberi nama Smart Rubbish Box education Al-Hikmah. Kotak sampah pintar ini  berbasis micro controler dan memiliki komponen-komponen sensor ultrasonic, motor servo,  audio dan lain-lain. Penggunaannya mudah, nyaman dan efisien.

Mahasiswa yang membuat inovasi ini adalah Esoniman, Toyyib Alaudin, dan Yuli Aini. Cara kerja dari Robot kotak sampah pintar ini akan langsung merespon apabila suatu objek yang terdeteksi oleh sensor ultra sonic maka kotak sampah akan secara otomatis terbuka dan akan mengeluarkan suara audio yang telah diprogram sebelumnya, ungkap Esoniman sebagai salah satu pencipta robot Smart Rubbish Box education tersebut.

Ketua STIT Al-Hikmah Bumi Agung Way Kanan H. Aly Murtadlo, S.Hi,. M.Pd.I mengucapkan terimakasih kepada Pemda Way Kanan yang telah mempercayakan kepada STIT Al-Hikmah untuk mewakili pameran teknologi tepat guna tingkat nasional tersebut. Selain itu Ketua STIT Al-Hikmah juga memberikan support kepada Tim UKM Robotik untuk terus berkarya dan berinovasi.

1 Response
  1. Dwi prasetio

    Semoga STIT al hikmah bumi agung way kanan, bisa membawa nama baik kabupaten way kanan dikanca nasional maupun internasional, way kanan asyik maju berdaya saing.
    #STIT al hikmah Bumi agung way kanan “bermutu dan berkarakter”

Leave a Reply