Kurikulum Berbasis KKNI Program Studi Manajemen Pendidikan Islam ini merupakan struktur mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa sarjana pada Program Studi MPI yang menggambarkan proses perkembangan dan rencana pencapaian visi, misi, di masa yang akan datang yang disusun berdasarkan capaian profil lulusan dengan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) mencakup parameter deskripsi umum (sikap religius dan sosial), kemampuan bidang kerja, pengetahuan, manajerial serta tanggung jawab
Deskripsi Umum |
Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut: 1) Bertakwa kepadaTuhan Yang Maha Esa; 2) Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya; 3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia; 4) Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya; 5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain; 6) Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas. |
Deskripsi Kualifikasi Level 6 jenjang sarjana (S1) Pada Program Studi MPI |
Deskripsi generik level 6 (paragraf pertama) Mampu mengaplikasin bidang keahliannya dan memanfaatkan Ipteks pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Deskripsi Spesifik : 1. Mampu memanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup manajemen pendidikan Islam yaitu dalam pembuatan perencanaan, implementasi, evaluasi dan supervisi pengelolaan lembaga pendidikan Islam formal dan non formal. 2. Mampu beradaptasi dalam situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah-masalah manajemen pendidikan Islam. 3. Mampu nenyusun perangkat administrasi pendidikan berbasis teknologi informasi dan komuniksi.
|
Deskripsi generik level 6 (paragraf kedua) Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara prosedural
Deskripsi Spesifik : 1. Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan Manajemen Pendidikan Islam secara umum; 2. Menguasasi substansi kajian (konten) Manajemen Pendidikan Islam secara mendalam; 3. Mampu melakukuan perencanaan, implementasi, evaluasi, pengawasan, dan supervisi dalam penyelesaian masalah bidang-bidang manajemen pendidikan Islam pada lembaga lembaga pendidikan formal dan non formal. |
Deskripsi generik level 6 (paragraf ketiga) Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
Deskripsi Spesifik : 1. Mampu membuat keputusan strategis manajemen pendidikan Islam berdasarkan analisis informasi dan data. 2. Mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi di bidang manajemen pendidikan Islam secara proporsional dan professional. |
Deskripsi generik level 6 (paragraf keempat) Bertanggungjawab atas pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. Deskripsi Spesifik : 1. Mampu menunjukan dedikasi yang tinggi pada berbagai bidang pekerjaan manajemen pendidikan Islam pada lembaga-lembaga pendidikan dan instansi yang menangani pendidikan. 2. Memiliki tanggung jawab secara keilmuan dalam konten manajemen pendidikan Islam; 3. Mampu melaksanakan tugas-tugas MPI dalam penyelesaian masalah yang dilakukan di lembaga pendidikan dan intansi-instansi yang menangani pendidikan.
|