KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)

Kurikulum PIAUD

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-HIKMAH

Kurikulum KKNI PIAUD

Kurikulum Berbasis KKNI Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( PIAUD ) ini Merupakan struktur mata kuliyah yang harus ditempuh mahasiswa sarjana pada program Setudi Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( PIAUD ) yang menggambarkan Proses Perkembangan dan rencana pencaian Visi, Misi, di Masa yang akan datang yang disusun berdasarkan capaian profil lulusan dengan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasioanal Indonesia ( KKNI ) mencakup parameter deskripsi umum ( sikap Religius dan Sosial ), kemampuan bidang kerja, pegetahuan, manajerial serta tangung jawab.

Profil Lulusan

NO PROFIL DESKRIPTOR
(1) (2) (3)
1 Pendidikan Pada Lmbaga PIAUD Menjadi tenaga pendidik pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ( RA/TK.KB,TPA, SPS) yang beriman, profisional, bertangung jawab,unggul, di bidang pendidikan Islam dan mampu mengaplikasikan teori-teori pendidikan dalam kegiatan belajar sambil bermain dengan pendekatan belajar sambil bermain yang dilakukan secara profisional.
2 Konsultan PIAUD

Menjadi tenaga Pembimbing yang mampu memberikan layanan bimbingan kepada pendidik PIAUD mengenai perkembangan anak, pengembangan kurikulum, pembuatan perencaan pembelajaran, pengembangan media pemebelajaran, serta dapat memberikan program parenting kepada orang tua.

 

3

Pengelola Lembaga PIAUD

 

Menjadi Pengelola lembaga PIAUD ( RA/TK, KB, TPA, SPS ) yang dapat mengembangkan lembaga sesuai dengan karakteristik anak usia dini.
4

Peneliti

 

Menjadi Peneliti yang mampu mengangkat permasalahan dan fenomena ke-PAUDa-an dengan pendekatan kolaboratif secara komprehensif sesuai dengan karakter lembaga PIAUD

 

5

Penulis dalam bidang PIAUD

 

Menjadi Penulis yang handal dalam menjawab isu-isu strategis yang berhubungan dengan ke-PAUD-an

 

6

Kewirausahan

 

Mampu Mengembang Usaha secara Mandiri di lingkungan Masyarakat.

Deskripsi Level 6 (S1) pada KKNI

Deskripsi Umum

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:

1)        BertakwakepadaTuhan Yang Maha Esa;

2)        Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya;

3)        Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia;

4)        Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya;

5)        Menghargai keaneka ragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama sertapendapat/temuan original orang lain;

6)        Menjunjung tinggi penegakan hukum sertamemiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

 

 

Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana (S1) Pada Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Deskripsi genetik level 6 (paragraf Pertama)

Mampu    mengaplikasikan  bidang  keahlian  manajemen  dan  memanfaatkan IPTEKS    pada   bidangnya    dalam   penyelesaian    masalah   serta   mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi

Deskripsi spesifik

1.      Mampu memanfaatkan IPTEK yang relevan dalam lingkup pendidikan Islam anak Usia Dini

2.      Mampu beradaptasi dalam situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah

3.      Mampu menyusun perangkat pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi

Deskripsi generik level 6 (paragraf ke Dua)

Menguasai  konsep  teoritis  bidang  pengetahuan  tertentu  secara  umum  dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

Deskripsi Spesifik:

1.        Menguasai  konsep  teoritis  bidang  pengetahuan  Pendidikan Islam anak Usia Dini keilmuan pendidikan dan pedagogik

2.        Menguasai subtansi kajian Pendidikan Islam anak Usia Dini dan pendidikan secara mendalam

Deskripsi generik level 6 (paragraf ke Tiga)

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi data dan memberikan petunjuk dalam memilah berbagai alternatif solusi secara mandiri atau kelompok.

Deskripsi Spesifik:

3.    Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data,

4.    mampu  memberikan  petunjuk  dalam  memilih  berbagai  alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

 

Deskripsi generik level 6 (paragraf ke-empat)

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Deskripsi Spesifik:

1.      mampu menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam berbagai bidang pekerjaan PIAUD dan lembaga pendidikan

2.      memiliki tanggung jawab secara keilmuan dalam konten pendidikan Islam Anak Usia Dini