Kurikulum Berbasis KKNI Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( PIAUD ) ini Merupakan struktur mata kuliyah yang harus ditempuh mahasiswa sarjana pada program Setudi Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( PIAUD ) yang menggambarkan Proses Perkembangan dan rencana pencaian Visi, Misi, di Masa yang akan datang yang disusun berdasarkan capaian profil lulusan dengan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasioanal Indonesia ( KKNI ) mencakup parameter deskripsi umum ( sikap Religius dan Sosial ), kemampuan bidang kerja, pegetahuan, manajerial serta tangung jawab.
NO | PROFIL | DESKRIPTOR |
(1) | (2) | (3) |
1 | Pendidikan Pada Lmbaga PIAUD | Menjadi tenaga pendidik pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ( RA/TK.KB,TPA, SPS) yang beriman, profisional, bertangung jawab,unggul, di bidang pendidikan Islam dan mampu mengaplikasikan teori-teori pendidikan dalam kegiatan belajar sambil bermain dengan pendekatan belajar sambil bermain yang dilakukan secara profisional. |
2 | Konsultan PIAUD |
Menjadi tenaga Pembimbing yang mampu memberikan layanan bimbingan kepada pendidik PIAUD mengenai perkembangan anak, pengembangan kurikulum, pembuatan perencaan pembelajaran, pengembangan media pemebelajaran, serta dapat memberikan program parenting kepada orang tua.
|
3 |
Pengelola Lembaga PIAUD
|
Menjadi Pengelola lembaga PIAUD ( RA/TK, KB, TPA, SPS ) yang dapat mengembangkan lembaga sesuai dengan karakteristik anak usia dini. |
4 |
Peneliti
|
Menjadi Peneliti yang mampu mengangkat permasalahan dan fenomena ke-PAUDa-an dengan pendekatan kolaboratif secara komprehensif sesuai dengan karakter lembaga PIAUD
|
5 |
Penulis dalam bidang PIAUD
|
Menjadi Penulis yang handal dalam menjawab isu-isu strategis yang berhubungan dengan ke-PAUD-an
|
6 |
Kewirausahan
|
Mampu Mengembang Usaha secara Mandiri di lingkungan Masyarakat. |
Deskripsi Umum |
Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut: 1) BertakwakepadaTuhan Yang Maha Esa; 2) Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya; 3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia; 4) Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya; 5) Menghargai keaneka ragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama sertapendapat/temuan original orang lain; 6) Menjunjung tinggi penegakan hukum sertamemiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
|
Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana (S1) Pada Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Deskripsi genetik level 6 (paragraf Pertama) Mampu mengaplikasikan bidang keahlian manajemen dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi Deskripsi spesifik 1. Mampu memanfaatkan IPTEK yang relevan dalam lingkup pendidikan Islam anak Usia Dini 2. Mampu beradaptasi dalam situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah 3. Mampu menyusun perangkat pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi |
Deskripsi generik level 6 (paragraf ke Dua) Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. Deskripsi Spesifik: 1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Pendidikan Islam anak Usia Dini keilmuan pendidikan dan pedagogik 2. Menguasai subtansi kajian Pendidikan Islam anak Usia Dini dan pendidikan secara mendalam |
Deskripsi generik level 6 (paragraf ke Tiga) Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi data dan memberikan petunjuk dalam memilah berbagai alternatif solusi secara mandiri atau kelompok. Deskripsi Spesifik: 3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, 4. mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
|
Deskripsi generik level 6 (paragraf ke-empat) Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. Deskripsi Spesifik: 1. mampu menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam berbagai bidang pekerjaan PIAUD dan lembaga pendidikan 2. memiliki tanggung jawab secara keilmuan dalam konten pendidikan Islam Anak Usia Dini |