KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)

Kurikulum PGMI

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-HIKMAH

Kurikulum KKNI PGMI

Kurikulum Berbasis KKNI Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ini merupakan struktur mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa sarjana pada Program Studi PGMI yang menggambarkan proses perkembangan dan rencana pencapaian visi, misi, di masa yang akan datang yang disusun berdasarkan capaian profil lulusan dengan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) mencakup parameter deskripsi umum (sikap religius dan sosial), kemampuan bidang kerja, pengetahuan, manajerial serta tanggung jawab

Profil Lulusan

Profil utama lulusan Program Studi Pendidikan Guru MI adalah sebagai pendidik/guru kelas MI/SD, peneliti dan pengembang bahanajar SD/MI yang berpengetahuan luas, mendalam dan mutakhir; berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya dan berkemampuan dalam melaksanakan tugas serta
bertanggungjawab berlandaskan etika Islam, keilmuan dan keahlian.

Deskripsi Level 6 (S1)

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
  3. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
  4. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

 

No

Deskripsi Generik

Deskripsi Spesifik

 

1

Paragraf 1:

Mampu memanfaatkan IPTEK dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi dalam situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.

1)      Mampu memanfaatkan teori-teori kependidikan, psikologi, metodologi penelitian pendidikan dasar di MI/SD

 

2)      Menguasai bahan kajian Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika dasar untuk MI/SD

 

3)    Mampu menunjukan perilaku islami dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika dasar untuk MI/SD.

 

4)    Memiliki kemampuan berfikir fleksible dalam menghadapi perubahan IPTEK

 

2

Paragraf 2:

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara prosedural

 

1)      Memiliki kemampuan metodologis dalam mengaplikasikan teori pembelajaran, psikologi, evaluasi pembelajaran pada program pendidikan tingkat dasar di MI/SD.

 

2)      Memiliki kemampuan konseptualisasi dalam memaknai teori pembelajaran, psikologi, evaluasi pembelajaran pada program pendidikan tingkat dasar di MI/SD.

 

3)      Memiliki kemampuan untuk memahami konsep dalam memaknai teori pembelajaran, psikologi, evaluasi pembelajaran pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.

 

4)      Memiliki kemampuan metodologis dalam mengaplikasikan teori pembelajaran Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.

 

5)      Memiliki kemampuan konseptualisasi dalam memaknai teori Bahasa indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.

6)      Memiliki kemampuan untuk memahami konsep dalam teori Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD

 

 

 

 

3

Paragraf 3:

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu  memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

 

1)      Mampu mengambil keputusan dalam merancang pembelajaran, implementasi pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran meliputi Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika pada Pendidikan tingkat dasar di MI/SD.

 

2)      Mampu menunjukan komitmen diri, meliputi ucapan, perbuatan, dan performance sebagai guru islami pendidikan tingkat dasar di MI/SD

 

4

Paragraf 4:

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

1.      Memiliki kemampuan berinisiasi  tentang teori pendidikan dan pembelajaran pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.

 

2.      Memiliki kemampuan berinovasi dalam mengaplikasikan teori pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.

 

3.      Memiliki tenggung jawab secara keilmuan pedagogis dan konten mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, PKn, IPA, dan Matematika pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.